Apa Itu Google Doodle Dan Sejarahnya

Apa itu Google Doodle ? - Google Doodle adalah sebuah tampilan gambar unik yang diletakkan di halaman awal Google. Google Doodle biasanya dibuat oleh tim developer google sebagai simbol Google sekaligus sebagai bentuk ucapan hari spesial untuk memperingati event-event atau perayaan tertentu, seperti hari raya yang ada di dunia, ulang tahun tokoh penting dunia atau hari-hari bersejarah. Nama Doodle sendiri memiliki sebuah arti “menyenangkan, membuat terkejut atau perubahan spontan”. Dari filosofi Nama Doodle tersebut akhirnya Google berusaha menyajikan sesuatu yang bersifat tiba-tiba, namun sifanya yang unik dan mampu menghibur para pengguna yang melihatnya.

apa itu google doodle

Google Doodle merupakan desain khusus oleh tim Doodler yang dimiliki perusahaan Google. Gambar Doodle akan tampil di halaman awal pada jam 12 dini hari sebelum peringatan spesial tersebut dan gambar doodle akan bertahan selama 24 jam di halaman awal Google hingga jam 12 dini hari pada esok harinya.


Sejarah Munculnya Google Doodle

apa itu google doodle

Google Doodle pertama kali lahir saat kedua pendiri Google cerdas yaitu Larry Page dan Sergey Brin, yang pergi ke festival Burning Man di Gurun Nevada pada tahun 1998. Waktu itu Larry page dan Serge Brin memutuskan untuk melakukan sedikit mendesign ulang logo Google dengan menambahkan tongkat di belakang huruf O pada kata Google. Desain ulang tersebut bertujuan untuk gampang di ingat dan sebagai pesan unik pada para pengguna Google untuk menunjukkan bahwa kedua pendirinya sedang pergi berlibur dan tak berada di tempat kerja.
apa itu google doodle

Awal tahun 2000-an akhirnya, seorang webmaster Google pertama muncul bernama Dennis Hwang sedang melakukan proses magang di perusahaan Google. Larry Page dan Sergey Brin kemudian kembali teringat dengan konsep Google Doodle dan mengajukan permintaan pada Dennis Hwang untuk membuat logo Google spesial bertema hari Bastille. Dennis pun bersedia memenuhi permintan mereka berdua dan membuat coretan-coretan unik logo Google bertema hari Bastille. Gambar yang  Gayung bersambut, hasil dari kreasi Dennis Hwang akhirnya disukai oleh Larry Page dan Sergey Brin dan maka hal tersebut membuat Dennis Hwang diangkat menjadi kepala tim Google Doodle.

apa itu google doodle

Seiring bertambahnya umur google, hasil kreasi tim Google Doodle mendapat sambutan yang baik dari masyarakat dunia. Hal tersebut membuat Google membentuk tim penanggung jawab sendiri yang terdiri atas para ilustrator dari belahan dunia untuk pembuat Google Doodle. Tim ilustrator tersebut kemudian dikenal dengan sebutan Doodlers. Untuk Doodlers, “mencorat-coret” halaman beranda Google menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi secara interaktif, unik dan ceria dengan seluruh pengguna mesin pencari terbesar Google di berbagai belahan dunia.

Nah, itu tadi penjelasan dan sejarah, apa itu google doodle?

Posting Komentar