Siapakah Pandit Ravi Shankar? Google Doodle Hari Ini

Pandit Ravi Shankar Google doodle hari ini - Siapakah Pandit Ravi Shankar ? hingga menghiasi tampilan Google Doodle hari ini, Kamis 7 April 2016, berikut alasan Google menampilkan Pandit Ravi Shankar pada tampilan Doodle dan 3 hal berkenalan dengan Pandit Ravi Shankar. 

source

1. Pandit Ravi Shankar Merupakan Seorang Komposer Terbaik Musik Klasik Hindustani India Legendaris


Karier musik Pandit Ravi Shankar merentang selama lebih dari enam dekade atau sekitar 60 tahun, dan Shankar baru-baru ini memegang Rekor Guinness untuk karier internasional terlama. Pandit Ravi Shankar adalah virtuoso maestro sitar yang memperkenalkan musik klasik India ke dunia.
source

Karena kebolehannya itu, Pandit Ravi Shankar tercatat sebagai murid dari Allauddin Khan (pendiri sekolah musik klasik India, Maihar gharana). Nama Pandit Ravi Shankar semakin dikenal karena instrumentalis India ini membawa kekuatan dan pesona musik klasik tradisi India ke dunia Barat. Ini dilakukan Pandit Ravi Shankar melalui kerjasamanya dengan The Beatles khususnya George Harisson dan juga karena kharisma pribadinya.


2. Begini Bentu Alat Musik Sitar


Terlepas dari namanya yang populer di dunia, Pandit Ravi Shankar tak bisa dilepaskan dari sitar. Namun tahukah Anda apakah itu sitar? Sitar merupakan alat musik petik khas India dan masih satu keluarga dengan kecapi. Gitar sitar ini biasa digunakan untuk mengiringi tarian India dan sering digunakan dalam seni musik klasik hindustan sejak Zaman Pertengahan. Sitar memiliki bentuk neck (leher) cukup panjang dan body berongga berbentuk labu.


Banyak juga yang mengatakan jika sitar merupakan perpaduan gitar dan biola.
Sitar adalah salah satu jenis alat musik yang berasal dari Asia Selatan. Alat musik klasik Hindustan yang menggunakan dawai/senar. Alat musik ini menggunakan dawai simpatetik bersama dengan dawai biasa dan ruang resonansi menggunakan gourd (sejenis buah-buahan yang dikeringkan dan berongga di dalamnya) sehingga menghasilkan suara yang unik. 


3. Alasan Tanggal 7 April 2016 sebagai google doodle Pandit Ravi Shankar 


Yups, kenapa harus tanggal 7 April ya? karena Rupanya hari ini tepat Pandit Ravi Shankar dilahirkan pada 7 April 1920 di Benares (alias Varanasi, atau Kashi), Benggala Barat dan dibesarkan oleh ibunya di sebuah komunitas brahmana Bengali. 
source

Komposer India yang berumur 96 tahun ini terkenal karena kepiawaiannya memainkan sitar. Sebagai bentuk penghargaan sekaligus merayakan ulang tahun Pandit Ravi Shankar Google Doodle menjadikan Pandit Ravi Shankar sebagai Google Doodle hari ini. Jika Kamu membuka halaman utama Google maka akan terlihat gambar Doodle, alat musik Sitar khas Pandit Ravi Shankar. 

Posting Komentar