Takizo Iwasaki Pencipta Makanan Replika Jepang, Google Doodle Hari Ini

Takizo Iwasaki Pencipta Makanan Replika Plastik Jepang - Saat kamu pergi ke jepang, maka kamu akan mendapati sebuah replika berupa makanan, makan tersebut berbahan dari plastik bahkan terbuat dari lilin, yang bertujuan untuk di pajang di jendela-jendela restoran di Jepang.  

Takizo Iwasaki Pencetak Makanan Replika Plastik Jepang, doodle
[image source]
Takizo Iwasaki merukapan sosok penemu replika makanan. Nama Takizo Iwasaki sangat populer di seluruh dunia bahkan di Jepang sekali pun, oleh karena itu Takizo Iwasaki memiliki julukan sebagai 'Bapak Replika Makanan' dan Google doodle pun memperingati Takizo Iwasaki di ulang tahunnya yang ke-121.

Jika kamu telusuri lebih lanjut, pembuatan replika berbahan plastik dan lilin ini cara membuatnya mirip dengan memasak makanan yang aslinya, seperti komposisi takaran yang akan dibentuk serupa dengan makanan aslinya yang akan di hidangkan diatas piring. 

Dengan sangat hati-hati bahan pembuatan replika makanan seperti bahan menggunakan polyyinyl Chiride  di buat sedemikian rupa mirip aslinya, biasanya model makanan di sesuaikan dengan pesanan atau kebutuhan restoran itu sendiri, ada yang meminta baso, ramen, kue dan aneka makanan Jepang lainnya.

Takizo Iwasaki Pencetak Makanan Replika Plastik Jepang
[image source]
Industri kesenian ini pertama di dirikan oleh perusahaan terbesar dan tertua di Jepang bernama Iwasaki Be-I dengan nama pemiliknya Takizo Iwasaki  pada tahun 1932. Kemudian mulai populer di pamerkan di Victoria dan Albert Museum, London ada tahun 1980 oleh perusahaan bernama Maizuru.

Semenjak replika makanan mulai populer di Jepang, akhirnya banyak kompetisi dalam membuat hidangan makanan palsu dari plastik dan bahan lainnya untuk dijadikan Replika. Kompetisi makanan replika ini disebut sampuru (サンプル ? ), atau dalam bahasa inggrisnya 'Sampel'.

Baca Juga: 
Rosario Castellanos Seorang Penyair Ternama, Doodle Hari Ini

Bisnis membuat makan replika ini sungguh sangat menguntungkan, bagaimana tidak, perusahaan membuat makanan replika ini mampu mendapatkan milyaran yen dalam setiap tahunnya, tak jarang banyak restoran jepang yang selalu memakai jasa pembuatan makanan replika untuk di pajang sebagai contoh menu restoran mereka.

Posting Komentar