Google Doodle Hari Ini Festival Holi

Google Doodle Hari Ini Festival Holi - Holi atau biasa disebut sebagai Festival Warna adalah festival awal musim semi yang dirayakan orang-orang di India, Nepal, Bangladesh, dan beberapa negara yang memeluk agama Hindu. Seperti negara-negara berikut ini yang memiliki penduduk mayoritas beragama Hindu yaitu Suriname, Guyana, Afrika Selatan, Trinidad, Britania Raya, Mauritius, dan Fiji. 


festival holi
Namun, di Benggala Barat dan Bangladesh, festival holi ini disebut Dolyatra (Doul Jatra) atau Basanta-Utsab (festival awal musim  semi). Festival Holi dirayakan secara besar-besaran di kawasan Braj di tempat-tempat yang berkaitan dengan Sri Kresna (salah satu dewa yang dipuja oleh umat Hindu) seperti Mathura, Vrindavan, Nandagaon, dan Barsana. Kota-kota tersebut kini menjadi daya tarik wisatawan selama musim festival Holi yang berlangsung sampai 16 hari kedepan.


Kenapa google doodels hari ini memperingati festival holi?

google doodle festival holi

Karena menurut Fakta bahwa Festival Holi sudah menjadi tradisi yang dikenal oleh dunia. Festival Holi adalah hari dimana orang-orang penuh dengan kesenangan dan bermain-main. Holi merupakan salah satu perayaan di mana orang-orang dewasa melepaskan hasrat dewasa mereka untuk seperti anak-anak pada festival menyenangkan ini.


Bahan Warna-Warni Festival Holi

bubuk festival holi
Berupa bubuk tepung warna warni dan ada beberapa cairan air yang sudah di isikan ke pisol air untuk menyemprot mereka yang sedang merayakan festival holi. Sungguh sangat mengasyikan saat mengikuti budaya umat Hindu ini. Jangan lewatkan festival ini sebelum puncak perayaan festival Holi  yang disebut Dhulheti, Dhulandi, atau Dhulendi. 


Menyalakan Api Unggun Sebelum Festival Holi

holika dahan
Sebelum acara yang paling mengasyikan, Api unggun dinyalakan terlebih dahulu di malam sebelum festival Holi, menyalakan api unggun disebut Holika Dahan (kematian Holika) atau Chhoti Holi (Holi kecil) untuk mengenang peristiwa lolosnya Prahlada(pangeran sakti) ketika ingin dibakar oleh Holika (saudara perempuan Hiranyakasipu). Holika terbakar dan tewas, namun Prahlad yang penganut setia Dewa Wisnu selamat tanpa luka. Di Andhra Pradesh, Holika Dahan disebut Kama Dahanam. 

Nah, itu tadi Festival Holi yang sedang dunia peringati dan menjadi tren di dunia karena festival yang sangat mengasyikan. Pengen ikut merayakan festival ini? 

Source

Posting Komentar